Siapkan Perlengkapan Melahirkan Ini Untuk Menyambut Sang Buah Hati

Buah hati hadir ke dunia, adalah momen yang senantiasa dinantikan para orang tua baru. Oleh karenanya, harus dipersiapkan dengan baik. Termasuk perlengkapan melahirkan apa saja yang akan dibawa ke tempat persalinan. Jika belum tahu, simak artikel ini dari awal hingga akhir ya. 

Siapkan Perlengkapan Melahirkan Ini Untuk Menyambut Sang Buah Hati

Perlengkapan Melahirkan untuk Ibu
Ketika sudah masuk ke ruang bersalin, status Anda adalah pasien. Artinya, rumah sakit hanya mempersiapkan beberapa perlengkapan tertentu saja dan tidak lengkap. Mau tidak mau harus membawanya dari rumah. Apa saja ya kira-kira?

1.     Uang Tunai
Sudah jelas inilah barang yang harus Anda bawa. Karena jika tidak ada, maka Anda tidak akan dilayani atau diterima dimanapun. Kecuali jika menggunakan kartu jaminan sosial pribadi ataupun dari pemerintah. Digunakan untuk membayar berbagai macam kepentingan, simpanan atau belanja makanan sang suami yang menunggu persalinan.

2.     Kartu Asuransi
Nah seperti yang disebutkan di atas, jika Anda memang tidak menggunakan uang tunai. Maka jangan lupa bawa kartu asuransi seperti BPJS. Kedudukannya sama penting seperti KTP, ATM atau SIM.

3.     Peralatan Mandi
Meskipun rumah sakit sudah menyediakan perlengkapan yang ada di toilet tapi tidak semua kan cocok di kulit. Oleh karenanya, Anda harus membawa peralatan mandi secara pribadi. Seperti sabun, sikat gigi, shampoo, pembersih wajah dan lain sebagainya. Bawa handbody dan deodoran juga ya, karena ibu yang baru saja melahirkan rentan akan kotoran.

4.     Daster dengan Kancing Depan
Sangat cocok kalimat yang menyebutkan bahwa daster adalah pakaian ternyaman untuk ibu-ibu. Ya memang tidak salah apalagi untuk yang baru saja melahirkan. Tujuannya agar lebih mudah ketika menyusui sang buah hati dan tidak terlalu banyak keringat. Pilihlah yang bahannya adem dan awet.

5.     Bra Menyusui
Selain daster, Anda harus siap-siap bra menyusui. Kenapa? Ya jawabannya jelas untuk memudahkan sang anak ketika menyusu, tidak terganjal oleh bra yang terlalu besar. Cari yang menyerap keringat ya, karena biasanya untuk para ibu keluarnya ASI menjadi tidak terkontrol. Sehingga hal tersebut sangat diperlukan agar tidak tembus ke baju.

6.     Hasil Pemeriksaan Laboratorium
Ada beberapa hasil pemeriksaan yang harus Anda bawa ketika ingin melahirkan. Termasuk pemeriksaan pada trimester ketiga. Beberapa diantaranya adalah golongan darah, hematologi, rhesus, urinalisa dan serologi.

 Tujuannya untuk mengantisipasi apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Sehingga dokter bisa langsung menentukan langkah yang tepat. Jadi, pastikan Anda membawanya ketika hendak bersalin ya.

7.     Pompa ASI
Nah Anda salah jika berpikir ketika baru saja melahirkan ASI otomatis akan keluar dan lancar. Karena pada kenyataannya tidak demikian, ada beberapa yang perlu dirangsang terlebih dahulu menggunakan pompa ASI.
Anda juga bisa menggunakannya untuk memberikan asupan kepada si kecil jika terbangun malam hari. Sehingga sang ibu tidak perlu banyak gerak dan bisa istirahat.

8.     Sarung
Anda harus membawa sarung atau jarik untuk dikenakan. Khususmya jika persalinan dilakukan secara caesar. Ibu melahirkan tidak diperkenankan untuk memakai pakaian berlapis sehingga sarung adalah pilihan yang tepat.

9.     Korset
Agar bentuk perut kembali seperti semula. Anda harus membawa korset khusus yang digunakan pasca melahirkan. Tapi mintalah saran kepada dokter atau perawat dulu ya. Apakah kondisi Anda sudah oke untuk mengenakannya.

Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan bayi juga. Seperti baju ganti, minyak telon, bedak dll. Gunakan merk dari sleek baby ya. Karena baunya enak, aman untuk kulit bayi dan dipercaya oleh para ibu di Indonesia. Dari beberapa perlengkapan melahirkan di atas mana nih yang sudah Anda miliki?