Ibu Hamil Sehat, Janin Pun Bahagia


Saat hamil, seorang wanita tidak bisa menjalani hidup secara sembarangan seperti sebelum hamil. Sebab, apa yang dilakukan oleh sang ibu selama masa kehamilan akan sangat menentukan keselamatannya dan janin yang ada di dalam kandungan. Ketika sang ibu sehat selama kehamilan, maka sang janin juga akan sehat dan merasa bahagia.

Ibu Hamil Sehat, Janin Pun Bahagia

Menjaga kesehatan ibu hamil tidak bisa dilakukan dengan sekadar membeli multivitamin atau obat folamil genio dari apotik terdekat saja. Ibu hamil perlu melakukan beberapa perhatian khusus agar kesehatannya dan sang janin bisa tetap terjaga. Apa sajakah yang perlu dilakukan? Berikut ini beberapa diantaranya:

Rutin cek kondisi janin
Saat hamil, seorang ibu perlu rutin mengecek kondisi janin yang ada di dalam rahimnya. Mengecek kondisi sang janin sangat penting untuk memastukan ia menjalani proses tumbuh kembang secara normal. Tapi, pengecekan tidak boleh dilakukan satu atau dua kali saja melainkan perlu dilakukan secara rutin untuk memantau seberapa optimal proses tumbuh kembang yang dijalani sang bayi.

Pada dasarnya, durasi pengecekan kondisi janin bisa disesuaikan berdasarkan masa kehamilan sang ibu. Jika masih hamil muda atau trimester pertama dan kedua, pengecekan bisa dilakukan setiap bulannya. Namun, ketika memasuki trimester ketiga, pengecekan kondisi janin perlu dilakukan lebih rutin. Tujuannya, dengan melakukan pengecekan sang ibu bisa memantau apakah anaknya telah tumbuh dan berkembang dengan sempurna serta membantu menentukan waktu kelahiran yang tepat.

Selalu cukup minum air mineral
Tubuh manusia diisi oleh mayoritas zat cairan dalam tubuh. Setidaknya 60% cairan mengisi tubuh manusia dan membuat cairan tubuh jadi salah satu elemen penting yang wajib diperhatikan oleh manusia. Tak terkecuali bagi ibu hamil yang perlu memperhatikan betul sudahkah ia cukup minum air mineral setiap harinya.

Konsumsi air mineral perlu diperhatikan betul setiap harinya oleh para ibu hamil. Setidaknya, ibu hamil perlu minum 8-10 gelas air mineral setiap harinya. Hal tersebut bertujuan agar dapat menjaga jumlah cairan ketuban yang melindungi sang janin selama masa kehamilan. Perhatikan juga apakah Anda mengalami dehidrasi atau tidak dengan memperhatikan warna dari urin yang keluar saat buang air kecil. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan tubuh yang lebih sehat dari gaya hidup yang sederhana seperti minum air mineral dengan cukup setiap harinya.